.:. Kata-Kata Mutiara Hari Ini: "Pergilah keluh, ku tak mau berteman dengamu... Silahkan kesah, kau bukan takdirku... Mujahadah adalah temanku, dakwah adalah nafasku dan Allah adalah kasihku... Maafkan segala kesalahan...Bila Allah mengampuni dosa-dosamu, kamu pasti bertobat...Bila Allah menerimamu, kamu pasti bertaqarrub dengan ikhlas kepada-Nya...Bila Allah mengingatmu, kamu pasti berdzikir kepada-Nya...Bila Allah menunjukkan kemuliaan-Nya padamu, kamu pasti merasa hina-dina dihadapan-Nya...Bila Allah hendak mencukupimu, pasti kamu merasa faqir kepada-Nya...Bila Allah menunjukkan kekuatan-Nya padamu, pasti engkau lemah tidak berdaya...Bila Allah menunjukkan kekuasaan-Nya, pasti engkau tak memiliki kemampuan apa-apa...Bila Allah mencintaimu, kamu pasti mencintai-Nya...Bila Allah meridhoimu, engkau pasti ridho terhadap apapun ketentuan-Nya...Bila Allah mengangkat derajatmu, engkau selalu memasuki pintu-pintu taatmu...Bila Allah menghinamu, kamu pasti bermaksiat dan menuruti hawa nafsumu...Taat itu lebih utama dibanding pahalanya...Doa itu lebih utama dibanding ijabahnya...Istiqomah itu lebih utama dibanding karomahnya...Berjuang itu lebih utama dibanding suksesnya...Sholat dua rekaat itu lebih utama ketimbang syurga seisinya...Bertobat itu lebih utama ketimbang ampunan...Berikhtiar itu lebih utama ketimbang hasilnya...Bersabar itu lebih utama ketimbang hilangnya cobaan...Dzikrullah itu lebih utama dibanding ketentraman hati...Wirid itu lebih utama ketimbang waridnya...Jangan menunggu bahagia baru tersenyum, tapi tersenyumlah, maka kamu kian bahagia " .:. ~~

Get Updates Via Email

Dapatkan update terbaru

dari Blog SufiUnderground langsung ke
Email anda!

Satu Cinta Sebait Syair Kebenaran (2): Kisah 1; Karena Cinta


           Oleh: Connie Constantia
            Aku tidak tahu sesungguhnya sejak kapan semua kisah ini bermula dan kemana akan bermuara. Mungkin sejak tahun 70-an ketika usiaku 7-9 tahun, atau mungkin sebelum itu, atau jauh lebih jauh lagi sebelum kelahiranku di dunia ini, ketika blue print kehidupanku ditentukan oleh-Nya. Tetapi jelas, tahun 1994 merupakan titik tolak dan tangga naik yang penting bagi kesadaran dan jalan hidupku. Yaitu setelah sebuah pengalaman rohani tak terbayangkan mendatangiku. Mengaduk, memeras dan menguras semua hidupku selama ini, dalam sebuah pertarungan jiwa, pertaruhan eksestensial yang menentukan. Tidak hanya sekali, peristiwanya kemudian berulang beberapa kali pada tahun-tahun berikutnya: 1997,2005 dan 2008. Saat ini, aku tak punya jalan lain kecuali menyampaikan pesan-Nya, mengalir dalam kehendak-Nya.

       Apakah nama dari pengalamanku ini? Bagaimana pula memaknai dan menyikapinya? Aku menyerahkan sepenuhnya kepada pembaca untuk dapat menemukan jawabanya masing-masing. Selama 15 tahun terakhir ini aku pribadi bergulat jatuh bangun, dengan pertanyaan-pertanyaan yang sulit tersebut. Tidak hanya di dalam pikiran dan perasaan, melainkan juga di setiap tindakanku. Bahkan tantangan beratku bertambah, bagaimanakh caranya aku mesti menyampaikan dan menceritakanya?

       Sebetulnya ada yang bertanya atau lebih tepat  mempertanyakan, kenapa mesti diceritakan? Bukankah pengalaman rohani itu bersifat pribadi dan rahasia, yang mana hanya pelakunya yang bisa memiliki dan merasakan? Dan juga karena sifatnya yang rohani, artinya tidak rasional-logis dan faktual-empiris, bukankah dengan menceritakannya justeru dapat memicu kesalahpahaman dan kontroversi ? Bahkan, bukankah pasti akan ada yang menganggapmu sakit jiwa dan gila? Serta lebih jauh lagi akan ada yang menuduhmu murtad, melakukan maker subversi dan berkonspirasi tingkat tinggi dengan iblis? Aku sepenuhnya setuju dengan pertanyaan ini, dari satu sisi. Yaitu sisi pikiran rasionalku. Betapa tidak?! Coba bayangkan seandainya anda yang mengalami penglihatan, tidak hanya dengan mata kepala, tetapi juga dengan seluruh jiwa raga Anda merasakan hadirnya sosok Agung Yesus Kristus atau Isa Al-Masih dan Dia berulang-ulang mengatakan, “aku akan berbicara melalui mulut kamu, sampaikanlah dan jangan kau takut”. Bagaimana perasaan Anda dan apa yang akan Anda lakukan? 
       Itulah yang terjadi padaku. Tidak hanya di dalam pengalaman rohani itu, bahkan di dalam kehidupan sehari-hari pasca-pengalaman itu, pikiran rasionalku (mungkin seperti Anda). Juga menolak. Ini pasti tidak nyata, halusinasi. Kenapa mesti aku? Siapakah aku? Bukankah aku orang yang tak pantas, awam, dan bodoh ? Bagaimana aku dapat menyampaikanya ? Adakah yang akan mempercayaiku ? Bagaimana dampaknya ? Dan masih banyak lagi ungkapan-ungkapan penolakanku untuk menghindar. Penolakan ini tidak mengada-ada, karena memang faktanya aku tidak bisa membuktikan secara empiris kehadiran Isa Al-Masih. Aku juga bukan agamawan, bukan pemimpin dan mungkin tidak pandai menyampaikan pesan-pesan ini sehingga banyak yang menolak dan menganggapku gila dan murtad. Hal-hal seperti ini membuatku sering merasa frustasi.

Namun masalahnya tidak berhenti di sini. Penolakan rasionalku ini tidak membuat pengalaman ini hilang dan jiwaku tenang. Ternyata dia datang lagi dan berulang beberapa kali. Yesus Kristus atau Isa Al-Masih menjawab rasio dan realita empirisku ini. Kata-kata-Nya yang mengalir deras itu, tidak hanya memaksa dan menakutkanku, tetapi juga sekaligus menguatkan,melindungi,dan menghiburku. Kata-kata-Nya tidak hanya aku dengar di dalam pengalaman rohani, tetapi juga di tunjukan-Nya kepadaku secara empiris di dalam lembar-lembar Kitab suci.

       Barang siapa memegang perintahku dan melakukanya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barang siapa mengasihi Aku. Ia akan dikasihi Bapa-Ku. Dan akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diriKu kepadanya.
Yohanes 14: 21

       Ya, tepat sekali. Inilah sisi diriku yang lain, yaitu kasih, atau cinta. Aku mencintai Yesus Kristus melebihi apapun, sepanjang hidupku. Sepanjang nanti akan aku ceritakan. Di dalam kisah hidupku yang panjang berliku penuh cadas dan banyak lorong-lorong gelap ketidakpastian yang kujumpai, namun ada satu hal yang pasti, terang benderang dan paling kukuh kupegangi, yaitu bahwa aku mencintai Yesus Kristus atau Isa Al-Masih dengan sepenuh jiwa. Dan ini bukan cinta biasa sejenis cinta biologis atau material. Aku akan merasa bahagia, walau terasa pedih. Karena mencintai-Nya, maka aku tidak bisa menolak-Nya. Termasuk terhadap pengalaman rohaniku ini. Aku tidak bisa menolaknya, dan karena itu, aku mencoba terus menghayati pengalaman itu dan semua yang aku dapatkan di dalamnya.

       Ajaib. Ketika aku tenggelam di dalam penghayatan pengalamanku itu, maka intisari yang aku temukan adalah cinta. Dan ketika aku menemukan cinta, maka yang muncul di dalam diriku adalah kepasrahan dan energi. Dengan energi cinta inilah aku mendapatkan kekuatan untuk dapat mengetahui keberadaan hidupku sendiri, menghubungkan dimensi-dimensi masa lalu, masa kini dan masa depan kesejarahanya. Dan pada titik ini, aku menemukan diriku sendiri, secara baru. Sehingga dapat aku katakan bahwa dengan pengalaman rohani ini aku mendapatkan makna, dan makna dari pengalaman rohaniku ini adalah kelahiran, kembali jiwaku.

       Dalam terang jiwa baru ini, aku merasa kemanusiaanku mengembang. Kenapa? Karena jiwaku kini terhubung dengan Jiwa Universal, Isa Al-Masih atau Yesus Kristus. Dia membebaskanku dari ego sempit, dogma yang berasal dari kata-kata manusia. Ketika bersabda. “sembahlah Tuhan Allah kita. Tuhan itu Esa. Kasihilah Dia dengan segenap hatimu, sepenuh jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. Kasihilah manusia sesamamu seperti dirimu sendiri”. Sehingga dari sini, aku bisa mengatakan lebih lanjut bahwa ketika aku menemukan diri sendiri dengan energi cinta, pada saat yang bersamaan, aku juga menemukan orang lain, semua manusia.

       Perasaan cinta kemanusiaan seperti inilah yang menguatkanku untuk berani menuliskan pengalamanku, untuk saling mengingatkan kepada sesama saudara di dalam kebenaran itu. Yesus mengungkapkan Firman Tuhan kepadaku :

       Kalau Aku berfirman kepada orang jahat: Engkau pasti di hokum mati! – dan engkau tidak memperingatkan dia atau tidak berkata apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu dari hidupnya yang jahat, supaya ia tetap hidup, orang jahat itu akan mati dalam kesalahannya, tetapi aku akan menuntut pertanggungjawaban atas nyawanya dari padamu.

       Tetapi jikalau engkau memperingatkan orang jahat itu dan ia tidak berbalik dari kejahatanya dan dari hidupnya yang jahat, ia akan mati dalam kesalahanya, tetapi angkau telah menyelamatkan nyawamu.

Yehezkiel 3 : 18 - 19
        
Aku jadi semakin yakin, bahwa pengalaman yang aku peroleh bukanlah untuk diriku semata, tetapi juga untuk seluruh manusia. Karena pada hakikatnya, di dalam diri orang lain itu, terdapat diriku juga. Jadi, kenapa aku akhirnya menuliskan pengalamanku ini? Jawabanku adalah karena aku patuh pada perintah-Nya. Pasrah di dalam kebenaran-Nya dan aku juga mencintai manusia. Aku menginginkan keselamatan manusia dan menghormati kebebasanya sekaligus.  

                                  *****

   Demikianlah, buku ini tidak aku tulis secara langsung, melainkan bantuan penullis. Aku menceritakan pengalaman-pengalamanku dan pesan-pesan yang aku dapatkan kepada penulis, yang merekamnya dan menuliskanya kembali.

       Sebagaimana diuraikan diatas, buku ini bukanlah sebuah buku kajian kitab suci atau traktat teologi, juga bukan sebuah penarikan kesimpulan dari proses belajar logis-rasional. Melainkan sebuah pengungkapan keyakinan yang berdasarkan pengalaman nyata di dunia rohani: sebuah kesaksian iman. Oleh karena itu, bahan utama dan merupakan porsi terbesar dari buku ini adalah pengalaman-pengalaman rohaniku, pesan-pesan Yesus dan Firman-Firman Allah yang aku dapatkan. Sebagian pesan dan firman itu aku dapat secara langsung melalui penglihatan atau suara-suara. Sebagian lagi aku dapatkan melalui perantaraan Al-Kitab dan Al-Quran yang lembar-lembarnya seperti terbuka sendiri di hadapanku, dan ayat-ayat yang muncul adalah jawaban atau ungkapan dari pengalamanku.

       Meski demikian, buku ini tentu tidak bisa seratus persen menjadi sepenuhnya ungkapan rohani. Karena aku juga terikat oleh rasionalitas manusia. Paling tidak, aku terikat dengan konvensi bahasa dan cara bertutur manusiawi. Oleh karena itu, sebagai kesaksian iman, tentu saja buku ini bisa di anggap ungkapan personalku yang manusiawi. Pembaca mempunyai kebebasan penuh untuk percaya atau meragukan kebenarannya, sejalan dengan tanggung jawab kemanusiaan masing-masing.

                                  ***** 

Akhirnya, penulisan buku ini mempunyai riwayat yang panjang, dan aku semestinya berterima kasih kepada semua yang telah membantu untuk penerbitan buku ini. Tentu saja, aku tak bisa menyebutkan nama mereka satu persatu. Tapi beberapa nama mesti kusebutkan. Mbak Lies, Uchi, Neni, Sandra, Ermy, dan teman-teman lain yang telah membantu menguatkanku. Mas Iip D Yahya yang pertama kali menuliskan, serta yang terakhir kepada mas Muhammad Jadul Maula yang membantu merevisi, mempertajam Fokus, dan menulis lagi buku ini agar sesuai dengan pesan-pesan inti Isa Al-Masih. Semoga Tuhan memberkati mereka semua.

       Melaui buku ini, aku tidak ingin melebih-lebihkan atau merangkai sebuah karangan belaka. Aku hanya ingin menyampaikan apa yang aku dapatkan, menaati perintah dan mencintai-Nya, tak lebih dan tak kurang. Allah yang memegang nyawaku, biarlah Dia juga yang menghukum dan mencabut langsung nyawaku, kalau aku berdusta dan apa yang kukatakan bukan perintah-Nya. 

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar dan komentarnya jangan bernada spam ya.

 
© 2010 SUFI UNDERGROUND powered by Blogger
Template by Fresh Blogger Templates | Blogger Tutorial | Re-Designed by: X-Lab Project