.:. Kata-Kata Mutiara Hari Ini: "Pergilah keluh, ku tak mau berteman dengamu... Silahkan kesah, kau bukan takdirku... Mujahadah adalah temanku, dakwah adalah nafasku dan Allah adalah kasihku... Maafkan segala kesalahan...Bila Allah mengampuni dosa-dosamu, kamu pasti bertobat...Bila Allah menerimamu, kamu pasti bertaqarrub dengan ikhlas kepada-Nya...Bila Allah mengingatmu, kamu pasti berdzikir kepada-Nya...Bila Allah menunjukkan kemuliaan-Nya padamu, kamu pasti merasa hina-dina dihadapan-Nya...Bila Allah hendak mencukupimu, pasti kamu merasa faqir kepada-Nya...Bila Allah menunjukkan kekuatan-Nya padamu, pasti engkau lemah tidak berdaya...Bila Allah menunjukkan kekuasaan-Nya, pasti engkau tak memiliki kemampuan apa-apa...Bila Allah mencintaimu, kamu pasti mencintai-Nya...Bila Allah meridhoimu, engkau pasti ridho terhadap apapun ketentuan-Nya...Bila Allah mengangkat derajatmu, engkau selalu memasuki pintu-pintu taatmu...Bila Allah menghinamu, kamu pasti bermaksiat dan menuruti hawa nafsumu...Taat itu lebih utama dibanding pahalanya...Doa itu lebih utama dibanding ijabahnya...Istiqomah itu lebih utama dibanding karomahnya...Berjuang itu lebih utama dibanding suksesnya...Sholat dua rekaat itu lebih utama ketimbang syurga seisinya...Bertobat itu lebih utama ketimbang ampunan...Berikhtiar itu lebih utama ketimbang hasilnya...Bersabar itu lebih utama ketimbang hilangnya cobaan...Dzikrullah itu lebih utama dibanding ketentraman hati...Wirid itu lebih utama ketimbang waridnya...Jangan menunggu bahagia baru tersenyum, tapi tersenyumlah, maka kamu kian bahagia " .:. ~~

Get Updates Via Email

Dapatkan update terbaru

dari Blog SufiUnderground langsung ke
Email anda!

MENYAMBUT RAMADHAN = MENYAMBUT KESEIMBANGAN


Selamat menyambut Ramadhan. Selamat menyambut keseimbangan. Puasa sebulan penuh, setahun sekali selama Ramadhan adalah ritual agama yang tak habis-habisnya menimbulkan semangat penelitian, yakni mulai dari penelitian sains, kedokteran hingga kerohanian. Penelitian itu hingga kini belum menemukan kata akhirnya, karena semakin diteliti cuma semakin memperluas wilayah misterinya. 

Itulah kenapa di dalam agama disodorkan kata “iman”. Iman lahir untuk menolong manusia menyiasati keterbatasan. Hidup terlalu luas, terlalu tak terjangkau, jika seluruhnya harus dipecahkan. Maka sisa dari misteri mahaluas itu cukup hanya diimani, karerna hanya disitulah kekuatan manusia dalam menyelami rahasia semesta.

Maka aneka penelitian terhadap fenomena itu seluruhnya mengatakan tentang kabar gembira dan mari kita mempercayainya walau rahasia itu belum seluruhnya terbuka bagi kita. Mari kita mempercayai bahwa dari sekian pesan Ramadhan itu salah satu yang terpenting adalah pesan tentang keseimbangan.


Jika Johanes Surya, pakar fisika itu mempercayai mekanisme mestakung, semesta mendukung. Maka begitulah memang keadaan alam semesta. Ia telah memiliki pola yang tetap gerakannya. Jika ada sesuatu yang kosong akan ada yang akan mengisi. Jika ada yang kurang, ada pihak lain yang melebihi. Jika ada yang terlalu berat, akan ada pihak yang meringankan diri. Itulah kenapa tidak ada sesuatu yang boleh terlalu di dunia ini. Sesuatu yang keterlaluan akan segera diseimbangkan oleh alam dan jika si terlalu itu memaksakan diri, ia cuma akan berhadapan dengan keterbatasannya sendiri.

Maka sejak lama Islam telah tegas bersikap keras kepada orang-orang yang melampaui batas. Bahwa jika kepada perut pun manusia melampaui batas untuk memasukkan apa saja kedalamnya, maka bersiaplah ia menemui ragam penyakit yang makin panjang daftarnya.

Agama selalu mengingatkan bahaya yang nyata atas perilaku melampaui batas itu mulai dari cara manusia memperlakukan perutnya. Maka puasa pasti hendak mengembalikan kita pada keseimbangan tahunan itu bahwa manusia butuh secara periodik meninjau ulang rapot-rapot pribadinya. Dan peninjauan itu tidak dilakukan secara otonom melainkan jika perlu secara paksa karena jika ia dibiarkan memilih cuma yang disuka, manusia cenderung alpa. Lewat agama kealpaan itu hendak dihentikan. Maka ayo bergembira terhadap apa saja yang mengajak menuju kesimbangan.   

  

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar dan komentarnya jangan bernada spam ya.

 
© 2010 SUFI UNDERGROUND powered by Blogger
Template by Fresh Blogger Templates | Blogger Tutorial | Re-Designed by: X-Lab Project