.:. Kata-Kata Mutiara Hari Ini: "Pergilah keluh, ku tak mau berteman dengamu... Silahkan kesah, kau bukan takdirku... Mujahadah adalah temanku, dakwah adalah nafasku dan Allah adalah kasihku... Maafkan segala kesalahan...Bila Allah mengampuni dosa-dosamu, kamu pasti bertobat...Bila Allah menerimamu, kamu pasti bertaqarrub dengan ikhlas kepada-Nya...Bila Allah mengingatmu, kamu pasti berdzikir kepada-Nya...Bila Allah menunjukkan kemuliaan-Nya padamu, kamu pasti merasa hina-dina dihadapan-Nya...Bila Allah hendak mencukupimu, pasti kamu merasa faqir kepada-Nya...Bila Allah menunjukkan kekuatan-Nya padamu, pasti engkau lemah tidak berdaya...Bila Allah menunjukkan kekuasaan-Nya, pasti engkau tak memiliki kemampuan apa-apa...Bila Allah mencintaimu, kamu pasti mencintai-Nya...Bila Allah meridhoimu, engkau pasti ridho terhadap apapun ketentuan-Nya...Bila Allah mengangkat derajatmu, engkau selalu memasuki pintu-pintu taatmu...Bila Allah menghinamu, kamu pasti bermaksiat dan menuruti hawa nafsumu...Taat itu lebih utama dibanding pahalanya...Doa itu lebih utama dibanding ijabahnya...Istiqomah itu lebih utama dibanding karomahnya...Berjuang itu lebih utama dibanding suksesnya...Sholat dua rekaat itu lebih utama ketimbang syurga seisinya...Bertobat itu lebih utama ketimbang ampunan...Berikhtiar itu lebih utama ketimbang hasilnya...Bersabar itu lebih utama ketimbang hilangnya cobaan...Dzikrullah itu lebih utama dibanding ketentraman hati...Wirid itu lebih utama ketimbang waridnya...Jangan menunggu bahagia baru tersenyum, tapi tersenyumlah, maka kamu kian bahagia " .:. ~~

Get Updates Via Email

Dapatkan update terbaru

dari Blog SufiUnderground langsung ke
Email anda!

ISTERI CEREWET DAN KAROMAH KYAI

Konon, hiduplah seorang kiai yang sangat alim,. Di dalam dirinya jauh dari penyakit hati. Sifat sombong, rakus, iri, dengki, adigang adigung adiguno, dan kikir sedikit pun tak berani menempel dalam relung hatinya.
Sebaliknya, yang selalu terlihat bersinar-sinar menyilaukan seperti sinar lentera di kegelapan malam adalah sifat-sifat utama. Sabar, narimo, tawakkal, jujur, loman, dan ngalah. 

Dalam sestiap muthola’ah di serambi masjid kecil di pesantrennya, sang kiai tak henti-hentinya mengingatkan ratusan santri yang berguru padanya. Mereka dinasihatkan mengugemi sifat-sifat keutamaan itu. “Orang itu harus sabar dan ngalah,” kata sang kiai suatu ketika. Kemudian dua sifat utama itu diuraikan dengan penuh kebaikan dan waskita . 


Kata kiai, hakikat sabar itu adalah Sejatining Amalan Kang Biso Ngalaf Rahmat (Allah). Sedangkan ngalah, bermakna Ngawula marang gusti Allah. Itu artinya orang bisa ngawula atau menghamba , bahwa tidak ada kekuatan sejati selain kekuasaan itu datangnya dari Allah. Bahwa, manusia itu hanyalah sak dermo. Tak memiliki kekuatan apapun di hadapan Allah Yang Qowiyyu dan Yang Matin.

Kiai ini terus menjelaskan dua sifat mulia ini dengan contoh sehari-hari dimasyarakat. Sementara ratusan santrinya semakin meyakini kemuliaan hati sang kiai.Mereka juga menyaksikan bagaimana setiap hari karomah yang dipancarkan dari diri sang kiai semakin bertambah. Bukan hanya di hadapan santri, karomah ini juga muncul di hadapan makhluk-makhluk lain.

Pernah suatu hari, ketika sang kiai pergi ke hutan, binatang-binatang penghuninya tampak tawadlu’ memberi salam dan hormat pada sang kiai. Bahkan hewan-hewan itu mengantarkan langkahnya sampai kepintu rumah.Begitulah , bila keheningan hari-hari selalu disinari sifat-sifat terpuji, siapa pun bisa menari dengan cahaya Ilahi.

Tapi suatu ketika sang kiai ini tidak seperti biasanya. Beliau tampak termenung di serambi masjid pesantrennya. Sinar karomah yang menyala-nyala tampak redup. Dia tampa sedih.

Melihat kiainya seperti itu, datang seorang santri dan berkata “Kiai.!Beberapa hari ini engkau tampak sedih. Selalu termenung sendiri. Kadangsaya menyaksikan engkau menangis. Saya juga menyaksikan, sekarang tidak lagi hewan-hewan hutan berucap salam kepda kiai. Sesungguhnya apa yangtengah terjadi kiai..?”

Sang kiai berucap “Aku memang sedang bersedih. Ketahuilah santriku, aku sangat khawatir tak bisa mendekati nur Allah. Karena tujuh hari ini, semenjak aku beristrikan nyai (sebutan santri untuk istri kiai), tak seorang pun menguji kesabaranku. Istriku sekarang orangnya penyabar, tawakkal, jujur, dan loman. Tak pernah ada kata kasar yang keluar dari bibirnya. Sebaliknya yang ada hanya kerendahan hati, dia nurut pada saya.” “Sementara nyai yang pertama dulu, sebelum meninggal dunia, dia orangnya cerewet. Sedikit saja saya salah, pasti ditegurnya. Sedikit ada yang tidak sesuai dengan dia, dia pasti marah. Mungkin karena aku jauh dari ujian itu, apa yang engkau saksikan dulu tentang aku lalu sekarang mulaui menjauh dariku.”

Memang benar. Karomah pancaran kemuliaan tak begitu saja muncul dalam diri manusai. Untuk mendapatkan ini, setiap saat kita harus diuji. Ujian bisa datang dari sendiri, dari anak, dan istri, atau lingkungan kita. Bahkan kalau memang ujian itu sebagai jalan menuju kesempurnaan hakikat diri, harusnya tak dihindari. Sebaliknya harus dijalani.Seperti juga kiai kita ini. Beliau bersedih, karena tak pernah lagi diuji.

Lalu dihadapan santri ini, kiai ini berpesan: “Kesempurnaan lelaku sabar, nerima, tawakkal, jujur dan ngalah adalah bertanding dengan lelaku marah, menang-menangan. Maka jangan engkau bersedih hati bila waktunya diuji. Berucaplah Lahaula wala quwwata illa billah. Tidak ada daya dan kekuatan sejati, kecuali dari dan dengan Allah. Insya Allah”

comment 1 komentar:

KAJIJOKO on Kamis, Desember 23, 2010 10:07:00 PM mengatakan...

i like it

Posting Komentar

Silahkan beri komentar dan komentarnya jangan bernada spam ya.

 
© 2010 SUFI UNDERGROUND powered by Blogger
Template by Fresh Blogger Templates | Blogger Tutorial | Re-Designed by: X-Lab Project