.:. Kata-Kata Mutiara Hari Ini: "Pergilah keluh, ku tak mau berteman dengamu... Silahkan kesah, kau bukan takdirku... Mujahadah adalah temanku, dakwah adalah nafasku dan Allah adalah kasihku... Maafkan segala kesalahan...Bila Allah mengampuni dosa-dosamu, kamu pasti bertobat...Bila Allah menerimamu, kamu pasti bertaqarrub dengan ikhlas kepada-Nya...Bila Allah mengingatmu, kamu pasti berdzikir kepada-Nya...Bila Allah menunjukkan kemuliaan-Nya padamu, kamu pasti merasa hina-dina dihadapan-Nya...Bila Allah hendak mencukupimu, pasti kamu merasa faqir kepada-Nya...Bila Allah menunjukkan kekuatan-Nya padamu, pasti engkau lemah tidak berdaya...Bila Allah menunjukkan kekuasaan-Nya, pasti engkau tak memiliki kemampuan apa-apa...Bila Allah mencintaimu, kamu pasti mencintai-Nya...Bila Allah meridhoimu, engkau pasti ridho terhadap apapun ketentuan-Nya...Bila Allah mengangkat derajatmu, engkau selalu memasuki pintu-pintu taatmu...Bila Allah menghinamu, kamu pasti bermaksiat dan menuruti hawa nafsumu...Taat itu lebih utama dibanding pahalanya...Doa itu lebih utama dibanding ijabahnya...Istiqomah itu lebih utama dibanding karomahnya...Berjuang itu lebih utama dibanding suksesnya...Sholat dua rekaat itu lebih utama ketimbang syurga seisinya...Bertobat itu lebih utama ketimbang ampunan...Berikhtiar itu lebih utama ketimbang hasilnya...Bersabar itu lebih utama ketimbang hilangnya cobaan...Dzikrullah itu lebih utama dibanding ketentraman hati...Wirid itu lebih utama ketimbang waridnya...Jangan menunggu bahagia baru tersenyum, tapi tersenyumlah, maka kamu kian bahagia " .:. ~~

Get Updates Via Email

Dapatkan update terbaru

dari Blog SufiUnderground langsung ke
Email anda!

DUA METODE PENJERNIHAN QALBU

Oleh: Fatchan Sjarief

Alam semesta seisinya ini tidak ada artinya apa-apa dibanding dengan Allah. Berarti tidak ada sesuatu pun yang mampu menampung adanya Allah. Segalanya tidak bisa menjadi tempat semayamnya Allah, kecuali hati hamba-Nya yang beriman. Maka disanalah Allah bersinggasana.Hati orang yang beriman adalah Rumah Allah. Dan karena itu hati merupakan amanah Ilahi untuk kita jaga jangan sampai terkena kotoran dunia. Oleh sebab itu hati harus kita jaga, dirawat, dirias biar menjadi elok. Hati kita adalah ruang dimana pertemuan dialogis (munajad) antara hamba dan Rabb berlangsung.

Dalam menjaga dan merawat rumah Allah ada dua cara menurut tradisi keagamaan kita yang agung:

Pertama tradisi Tazkiyatun Nafs, yaitu tradisi membersihkan kotoran jiwa yang dimulai dengan tobat. Dalam jiwa kita ada sisi gelap yang dipenuhi oleh virus-virus paling menjijikkan. Dimulai dengan virus iri dengki, lalu berkembang menjadi takabur, riya’, ujub, mencintai dunia, kedzaliman, kefasikan, kemunafikan, dan kemudian menjurus pada kekufuran. Semua virus itu harus dibersihkan melalui taubat dan dzikrullah. 
 
Dari sinilah muncul paradigma kedua melalui Tathirul Qulub. Yaitu menyucikan hati melalui riasan etika atau akhlak hamba dengan Allah Ta’ala. Penyucian hati berbeda dengan pembersihan jiwa. Kalo penyucian hati lebih menekankan pada riasan pasca pertobatan, lalu memasuki wilayah spiritual dengan riasan-riasan maqamat demi maqamat. Sedangkan pembersihan jiwa adalah upaya untuk melakukan asketisme secara total, baik lewat tobat, zuhud, wara’, dan sebagaianya.

Dua proses tadi tidak tergantung dengan lifestyle dan penampilan orang per-orang. Orang yang berjenggot panjang dan berjubah serta tasbih di tangannya belum tentu orang suci atau sufi. Siapa tahu dia dengan jubah dan jenggot malah tumbuh riya’, dan takabur atas nama syi'ar. Siapa tau mereka yang bernampilan necis dan perlente malah lebih dekat dengan Allah, ketimbang Anda yang memakai baju-baju relegius.

Dalam wilyah ruhani spiritual, baju dan bendera haruslah dilepaskan. Bahkan prestasi amaliyah sebagai tempat gantungan masa depan dan akhirat harus dikubur habis. Hanya Allah lah tempat bergantung kita, bukan amal perbuatan, prestasi ibadah, dan bukan pula hasrat-hasrat luhur. Bahwa kita sedang beramal itu bagus, itulah indicator bahwa kita berada dalam lindungan Ilahi.

Tetapi sebaliknya ketika kita sedang berbuat maksiat dan hina, itu pertanda bahwasanya kita sedang dihina oleh Allah, na’ubillaahi min dzaalik !. Kelak jika dua cara pembersihan dan penyucian itu berlangsung, kita akan memasuki ruang ziinatul asraar. Yaitu ruang rahasia yang menjadi manifestasi kemahaindahan Ilahi. Maka disana rumah Tuhan, bukan saja menjadi bersih, tetapi telah menjadi arasy yang haqiqi.

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar dan komentarnya jangan bernada spam ya.

 
© 2010 SUFI UNDERGROUND powered by Blogger
Template by Fresh Blogger Templates | Blogger Tutorial | Re-Designed by: X-Lab Project